CISCO ACADEMY chapter 1 Modul (motherboard)

PENGERTIAN MOTHERBOARD Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen sertachip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistemmotherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor , slot-slot yangdigunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, InternalModem, dan lain-lain.Saat ini banyak merek dan jenis motherboard. Bagi anda yang ingin merakit sendirikomputernya, saya sarankan agar berhati-hati dalam memilih merek dan jenismotherboard. Permasalahan motherboard yang umum terjadi akan dibahas selanjutnyasesuai dengan kasusnya.-------------------------------------------------------------------------------------------------------•

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

CISCO ACADEMU CHAPTER 1 MODUL (RAM)

RAM Pengertian dan Fungsi RAM Definisi RAM sebenarnya sangat singkat untuk dijelaskan. Namun bila anda yang belum paham arti dari ram sendiri, saya akan coba jelaskan. Random Access Memory Atau biasa disebut dengan istilah ram, atau biasa juga disebut memory, adalah suatu alat komputer (perangkat keras/hardware). Ram memrupakan salah satu jenis alat penyimpanan data pada komputer atau media elektronik lainnya (PDA. HP, Notebook, Netbook, dll) yang bersifat sementara. Artinya bila komputer dimatikan, maka semua instruksi atau data yang telah dsimpan di ram ini akan hilang. Jadi Fungsi Ram yaitu untuk menyimpan instruksi sementara dari komputer untuk mengeluarkannya ke output device. Sebagai contoh: 1. Kita akan memainkan music mp3 dari komputer kita, lalu setelah kita buka dengan program winamp atau media lainnya, maka program winamp yang tadinya berada di harddisk, akan di eksekusi di RAM dan dikeluarkan melalui output device, baik melalui speaker (sebagai keluaran suara) ataupun monitor (sebagai tampilan). Jadi mp3 yang tadinya berasal dari harddisk akan disimpan sementara di ram. 2. Kita akan memainkan game atau aplikasi lain, sama perinsipnya dengan yang diatas. Artinya program yang telah terinstall di harddisk akan dipanggil ke RAM dan diekseskusi lalu dikeluarkan sebagai hasil eksekusi tersebut sesuai dengan fungsi dari aplikasinya. Perlu Diingat Itu sebabnya mengapa bila komputer yang memiliki ram 128 MB, bila digunakan untuk membuka banyak aplikasi akan mengalami crash/hang? dikarenakan program yang diekseskusi kapasitasnya melebihi dari media eksekusinya (ram), maka dari itu terjadilah crash. Bila diibaratkan “seseorang yang diperintahkan untuk memainkan 5 alat musik dalam satu waktu, apa jadinya?” ya pusing dech…… Dan mengapa suatu sistem operasi memerlukan standard tersendiri untuk keperluan memorynya? Contoh windows vista minimal ram 1GB, misalkan. Artinya untuk menjalankan sistem operasi itu dibutuhkan setidaknya kurang dari 1gb, sisanya untuk aplikasi lain yang sudah terisntal. Begitu pula dengan game pc yang memerlukan Memory yang cukup besar. Jadi saran saya gunakanlah ram yang sesuai dengan kebutuhan kita…. Oh iya, kalo misalkan kita mau melihat berapa besar memory/ram yang kita pakai untuk menjalankan program, silahkan buka task manager (tekan ctrl+alt+del) maka akan keluar task manager, lalu lihat bagian memory useage.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Modul CISCO ACADEMY Chapter 1 Version 4.1


Motherboards
§The motherboard is the  main printed circuit board
§Contains the buses, or electrical pathways found in a computer. Buses allow data to travel among the various components.
§Accommodates CPU, RAM, expansion slots, heat sink/fan assembly, BIOS chip, chip set, sockets, internal and external connectors, various ports, and the embedded wires that interconnect the motherboard components.

Cooling Systems
§Electronic components generate heat. Too much heat can damage components.
§case fan makes the cooling process more efficient.
§heat sink draws heat away from the core of the CPU. A fan on top of the heat sink moves the heat away from the CPU.
§Fans can be dedicated to cool the Graphics-processing unit (GPU).

ROM and RAM
§Read-only memory (ROM)
§ROM contains the basic instructions for booting the computer and loading the operating system are stored in ROM.
§Random-access memory (RAM)
§RAM is temporary storage for data and programs that are being accessed by the CPU
§RAM is volatile memory, which means that the contents are erased when the computer is powered off
More RAM means more capacity to hold and process large programs and files, as well as enhance system 
performance

Memory Modules
§Memory modules are memory chips that have been soldered on to a special circuit board for easy installation and removal.
§Dual Inline Package (DIP) is an individual memory chip.
§Single Inline Memory Module (SIMM) is a small circuit board that holds several memory chips.
§Dual Inline Memory Module (DIMM) is a circuit board that holds SDRAM, DDR SDRAM, and DDR2 SDRAM chips.
§RAM Bus Inline Memory Module (RIMM) is a circuit board that holds RDRAM chips.
§Small Outline DIMM (SODIMM) is a smaller, more condensed version of DIMM which provides random access
data storage that is ideal for use in laptops, printers, and other devices where conserving space is desirable.
§The speed of memory has a direct impact on how much data a processor can process because faster memory
improves the performance of the processor. As processor speed increases, memory speed must also increase.

Adapter Cards
§Adapter cards increase the functionality of a computer by adding controllers for specific devices or by replacing
malfunctioning ports.
§Examples of adapter cards:
     •Sound adapter and video adapter
     •USB, parallel, and serial ports
     •Network Interface Card (NIC), wireless NIC, and modem adapter
§Types of expansion slots:
     •Peripheral Component Interconnect (PCI)
     •Advanced Graphics Port (AGP)
     •PCI-Express

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Modul CISCO ACADEMY Chapter 4 version 4.1


ITE CHAPTER 4

Chapter 4 Objectives



§4.1 Explain the purpose of preventive maintenance
§4.2 Identify the steps of the troubleshooting process

The Purpose of Preventive Maintenance


§Reduce the like lihood of hardware or software problems by systematically and periodically checking hardware and software to ensure proper operation.
§Preventive Maintenance can be divided in:
•Hardware maintenance
•Software maintenance
§Benefits of preventive maintenance are:
•Reduced computer down time and repair costs.
•Increased data protection
•Extended life of the components
•Increased equipment stability

The Troubleshooting Process

§Follow an organized and logical procedure.
§Eliminate variables one at a time.
§Troubleshooting is a skill that is refined over time.
§The first and last steps involve effectively communicating with the customer.
Data Protection

Before troubleshooting problems, always follow the necessary precautions to protect data on a computer.
If you are unsure that a backup has been done, do not attempt any troubleshooting activities until you check with the customer:
•Date of the last backup
•Contents of the backup
•Data integrity of the backup
•Availability of all backup media for data restore

If no backup can be created, ask customer to sign a release form

TROUBLESHOOTING PROCESS STEPS


STEP 1 - IDENTIFY THE PROBLEM

During the troubleshooting process, gather as much information from the customer as possible, but always respectfully.
Use the following strategy during this step:
1.Start by using open-ended questions to obtain general information.
2.Continue using closed-ended (yes/no) questions to get relevant information.
3.Then document the responses in the work order and in the repair journal.
4.And last, verify the customer’s description by gathering data from the computer by using applications such as:
•Event Viewer
•Device Manager
•Beep Codes
•BIOS Information
•Diagnostic Tools

STEP 2 - ESTABLISH A THEORY OF PROBABLE CAUSES

Crete a list of the most common reasons why the error would occur.
List the easiest or most obvious causes at the top with the more complex causes at the bottom.

STEP 3 – DETERMINE AN EXACT CAUSE

Determine the exact cause by testing the theories of probable causes one at a time, starting with the quickest and easiest.
After identifying an exact cause of the problem, determine the steps to resolve the problem.
If the exact cause of the problem has not been determined after you have tested all your theories, establish a new theory of probable causes and test it


STEP 4 – IMPLEMENT THE SOLUTION

Sometimes quick procedures can determine the exact cause of the problem or even correct the problem. If it does, you can go to step 5.
If a quick procedure does not correct the problem, you might need to research the problem further to establish the exact cause.
Divide larger problems into smaller problems that can be analyzed and solved individually.


STEP 5 – VERIFY SOLUTION AND FULL SYSTEM FUNCTIONALITY

Verify full system functionality and implement any preventive measures if needed.
Ensures that you have not created another problem while repairing the computer.

STEP 6 – DOCUMENT FINDINGS

Discuss the solution with the customer.
Have the customer confirm that the problem has been solved.
Document the process:
•Problem description
•Steps to resolve the problem
•Components used in the repair

CHAPTER 4 SUMMARY

§Regular preventive maintenance reduces hardware and software problems.
§Before beginning any repair, back up the data on a computer.
§The troubleshooting process is a guideline to help you solve computer problems in an efficient manner.
§Document everything that you try, even if it fails. The documentation that you create will become a useful resource for you and a other technicians

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS


Panduan Instalasi PC Station
Written by Administrator   
Thursday, 19 February 2009 00:23
Hardware Overview (klik gambar untuk memperbesar)
Hardware Overview











Berikut ini Cara Instalasi PC Station : (klik gambar-gambar dibawah ini untuk memperbesar)
1. Koneksikan PerangkatKoneksikan Perangkat










2. Instalasi Software, pastikan anda menggunakan windows xp sp2 atau dibawahnya (karena software bawaan belum mensupport windows sp3) dan non aktifkan dulu program antivirus anda sebelum menjalankan instalasi software tersebut, jika telah selesai baru diaktifkan kembali, jika aplikasi dianggap virus/diblock oleh antivirus, berikan exception pada setting antivirus anda masing-masing.
Instalasi Software











3.  Setting Koneksi Jaringan
Koneksi Koneksi Jaringan











4. Setting UserSetting User











5. Setting Blue Screen (Client)Setting Blue Screen (Client)










SELESAI....
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

wkwkwkwkwkw tugas voip

Voice over IP

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
1140E VoIP Phone

Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.

Definisi VoIP adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP).

Daftar isi

[sembunyikan]

[sunting] Perbandingan dengan jaringan suara konvensional

Pada jaringan suara konvesional pesawat telepon langsung terhubung dengan PABX (Privat Automated Branch exchange) atau jika milik TELKOM terhubung langsung dengan STO (Sentral telepon Otomat) terdekat. Dalam STO ini ada daftar nomor-nomor telepon yang disusun secara bertingkat sesuai dengan daerah cakupannya. Jika dari pesawat telepon tersebut mau menghubungi rekan yang lain maka tuts pesawat telepon yang ditekan akan menginformasikan lokasi yang dituju melalui nada-nada DTMF, kemudian jaringan akan secara otomatis menghubungkan kedua titik tersebut.

Bentuk paling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer terhubung dengan internet. Syarat-syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah komputer yang terhubung ke internet, mempunyai kartu suara yang dihubungkan dengan speaker dan mikropon. Dengan dukungan perangkat lunak khusus, kedua pemakai komputer bisa saling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain.

Bentuk hubungan tersebut bisa dalam bentuk pertukaran file, suara, gambar. Penekanan utama untuk dalam VoIP adalah hubungan keduanya dalam bentuk suara. Jika kedua lokasi terhubung dengan jarak yang cukup jauh (antar kota, antar negara) maka bisa dilihat keuntungan dari segi biaya. Kedua pihak hanya cukup membayar biaya pulsa internet saja, yang biasanya akan lebih murah daripada biaya pulsa telepon sambungan langsung jarak jauh (SLJJ) atau internasional (SLI).

Pada perkembangannya, sistem koneksi VoIP mengalami evolusi. Bentuk peralatan pun berkembang, tidak hanya berbentuk komputer yang saling berhubungan, tetapi peralatan lain seperti pesawat telepon biasa terhubung dengan jaringan VoIP. Jaringan data digital dengan gateway untuk VoIP memungkinkan berhubungan dengan PABX atau jaringan analog telepon biasa. Komunikasi antara komputer dengan pesawat (extension) di kantor adalah memungkinkan. Bentuk komunikasi bukan Cuma suara saja. Bisa berbentuk tulisan (chating) atau jika jaringannya cukup besar bisa dipakai untuk Video Conference. Dalam bentuk yang lebih lanjut komunikasi ini lebih dikenal dengan IP Telephony yang merupakan komunikasi bentuk multimedia sebagai kelanjutan bentuk komunkasi suara (VoIP). Keluwesan dari VoIP dalam bentuk jaringan, peralatan dan media komunikasinya membuat VoIP menjadi cepat popular di masyarakat umum.

Khusus untuk VoIP bentuk primitif dari jaringan adalah PC ke PC. Dengan memakai PC yang ada soundcardnya dan terhubung dengan jaringan maka sudah bisa dilakukan kegiatan VoIP . Perkembangan berikutnya adalah pengabungan jaringan PABX dengan jaringan VoIP. Disini dibutuhkan VoIP gateway. Gambarannya adalah lawan bicara menggunakan komputer untuk menghubungi sebuah office yang mempunyai VoIP gateway. Pengembangan lebih jauh dari konfigurasi ini berbentuk penggabungan PABX antara dua lokasi dengan menggunakan jaringan VoIP. Tidak terlalu dipedulin bentuk jaringan selama memakai protocol TCP/IP maka kedua lokasi bisa saling berhubungan. Yang paling komplek adalah bentuk jaringan yang menggunakan semua kemungkinan yang ada dengan berbagai macam bentuk jaringan yang tersedia. Dibutuhkan sedikit tambahan keahlian untuk bentuk jaringan yang komplek seperti itu.

Pada awalnya bentuk jaringan adalah tertutup antar lokasi untuk penggunaan sendiri (Interm, Privat). Bentuk jaringan VoIP kemudian berkembang lebih komplek. Untuk penggunaan antar cabang pada komunikasi internal, VoIP digunakan sebagai penyambung antar PABX. Perkembangan selanjutnya adalah gabungan PABX tersebut tidak lagi menggunakan jaringan tertutup tetapi telah memakai internet sebagai bentuk komunikasi antara kantor tersebut. Tingkat lebih lanjut adalah penggabungan antar jaringan. Dengan segala perkembangannya maka saat ini telah dibuat tingkatan (hirarky) dari jaringan Voip.

[sunting] Aplikasi VoIP dan Keamanannya

Salah satu aplikasi VoIP yang tersedia adalah Skype. Skype adalah [[software]] aplikasi komunikasi suara berbasis IP melalui internet antara sesama pengguna Skype. Pada saat menggunakan Skype maka pengguna Skype yang sedang online akan mencari pengguna Skype lainnya lalu mulai membangun jaringan untuk menemukan pengguna-pengguna lainnya. Skype memiliki berbagai macam fitur yang dapat memudahkan penggunanya. Skype juga dilengkapi dengan SkypeOut dan SkypeIn yang memungkinkan pengguna Skype untuk berhubungan dengan pengguna telepon konvensional dan telepon genggam.

Skype menggunakan protokol HTTP untuk berkomunikasi dengan Skype server untuk otentikasi username/password dan registrasi dengan Skype directory server. Versi modifikasi dari protokol HTTP digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama Skype client. Keuntungan yang dimiliki aplikasi ini adalah tersedianya layanan keamanan dalam pentransmisian data yang berupa suara. Layanan keamanan yang diberikan adalah sebagai berikut :

  • Privacy

Skype menggunakan AES (Advanced Encryption Standard) 256-bit untuk proses enkripsi dengan total probabilitas percobaan kunci (brute-force attack) sebanyak 1,1 x E-77 kali, sedangkan untuk proses pertukaran kunci (key exchange) simetriknya menggunakan RSA 1024-bit. Public key pengguna akan disertifikasi oleh Skype server pada saat login dengan menggunakan sertifikat RSA 1536 atau 2048-bit. Skype secara otomatis akan mengenkripsi semua data sebelum ditransmisikan melalui internet.

  • Authentication

Setiap pengguna Skype memiliki sebuah username dan sebuah password. Dan setiap username memiliki sebuah alamat e-mail yang teregistrasi. Untuk masuk ke sistem Skype , pengguna harus menyertakan pasangan username dan passwordnya. Jika pengguna lupa password tersebut maka Skype akan mengubahnya dan mengirimkan password yang baru ke alamat e-mail pengguna yang sudah teregistrasi. Pendekatan ini dikenal dengan E-mail Based Identification and Authentication. Dikarenakan Skype merupakan sistem komunikasi suara maka setiap penggunanya dapat secara langsung mengidentifikasi lawan bicaranya melalui suaranya.

[sunting] Keuntungan VoIP

  • Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
  • Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
  • Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
  • Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa
  • Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat.
  • Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset

[sunting] Kelemahan dari VoIP

  • Kualitas suara tidak sejernih Telkom. Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional. Namun jika koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita-lebar / broadband seperti Telkom Speedy, maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih jernih dari sambungan Telkom dan tidak terputus-putus.
  • Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan koneksi Broadband (lihat di poin atas).
  • Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom.
  • Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet perlu janji untuk saling berhubungan.
  • Jika memakai internet dan komputer di belakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut berjalan
  • Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melewati internet.
  • Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya.
  • Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.
  • Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran

[sunting] Komunitas VoIP

Komunitas pengguna / pengembang VoIP di masyarakat, berkembang di tahun 2000. Komunitas awal pengguna / pengembang VoIP adalah “VoIP Merdeka”.”VoIP Merdeka” (VM) dicetuskan oleh Onno W. Purbo. Teknologi yang digunakan oleh "VoIP Merdeka" (VM) adalah H.323 yang merupakan teknologi awal VoIP. Sentral VoIP Merdeka di hosting di Indonesia Internet Exchange (IIX) atas dukungan beberapa ISP dan Asossiasi Penyelenggara Jaringan Internet (APJII). Kode area "VoIP Merdeka" pada saat itu secara aklamasi di tentukan menjadi 6288, tentunya tanpa memperoleh restu dari pemerintah.

Di tahun 2005, Anton Raharja dkk dari ICT Center Jakarta mulai mengembangkan VoIP jenis baru berbasis Session Initiation Protocol (SIP). Teknologi SIP merupakan teknologi pengganti H.323 yang sulit menembus proxy server. Di tahun 2006, infrastruktur VoIP SIP di kenal sebagai VoIP Rakyat.

[sunting] Kualitas suara

Kualitas suara VoIP dipengaruhi oleh beberapa parameter yaitu kapasitas bandwidth, tingkat hilang paket dan waktu tunda yang terjadi di dalam jaringan. Kapasitas bandwidth adalah ketersediaan sumber daya jaringan dalam bentuk lebar pita yang digunakan untuk mentransmisikan data paket. Tingkat hilang paket adalah parameter yang menyatakan besarnya laju kesalahan yang terjadi sepanjang jalur pengiriman data paket dari pengirim ke penerima. Waktu tunda adalah parameter yang menyatakan rentang waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket dari pengirim ke penerima.

[sunting] Kesimpulan

Dengan segala potensi yang ada terutama sekali biaya yang relatif murah untuk percakapan jarak jauh, VoIP sangat berpotensi dikembangkan. Paradigma bahwa PSTN adalah inti dari jaringan suara harus dirubah bahwa telepon analog biasa adalah bagian dari IP Telephony, yang mengakibatkan perkembangan IPTelePhony akan jauh berkembang dengan pesat dibandingkan telepon analog biasa.

Memanfaatkan idle bandwidth. Jika perusahaan sudah mempunyai jaringan antar cabang VoIP dapat digunakan tanpa menambah biaya jaringan. Tergantung dari system yang mau dipakai, jika hanya antar PC maka tidak ada investasi tambahan untuk membuat jaringan VoIP. Investasi tambahan yang akan muncul jika jaringan VoIP ini digabung dengan PABX.

Perkembangan VoIP akan makin berkembang menjadi IP Telephony, suatu bentuk komunikasi multimedia. Sebagai Alternatif penggunaan telepon, dengan makin maraknya penggunaan VoIP Merdeka Dari 200 ke 1.300 pengguna dalam 1 bulan pertama. Saat ini 3.000 s.d. 4.000 panggilan dalam sehari. Lebih murah, misalkan biaya internet - TelkomNet Instan +/- Rp 10.000/jam, 2 pihak Rp 20.000/jam. Biaya SLJJ Zone 3 (>500km) termurah Rp 505/menit Rp 30.300/jam.

[sunting] Pranala luar

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

posting bru dgn org2 gla

sekarng sya sdng membuat posting sya yg pertma , dngan orng2 gila yg ada di sektar sya . yaitu irma,muthia dan uyundd hwahahahahah

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS